Halaman

Senin, 29 April 2013

Resume Kelompok 3 "Perilaku Produsen"


Perilaku Produsen

Perilaku produsen itu adalah kegiatan pengaturan dalam produksi untuk pembuatan suatu produk dengan bahan material berkualitas baik supaya mendapatkan hasil yang bermutu agar dapat di terima oleh masyarakat. Dalam perilaku produsen juga biasanya terdapat beberapa faktor untuk keberhasilan daru usaha tersebut dengan adanya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Berikut pertanyaan yang diberikan tentang materi ini :


1.         Bagaimana cara produsen untuk meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan ?
Jawab:
Dengan cara mengurangi bahan produksi dan memberikan harga yang sama dengan penjualan sebelumnya. Dengan cara seperti itu produsen dapat memperoleh keuntungan tanpa harus menaikan harga. Seperti beng-beng, produk tersebut sekarang sudah mengurangi bahan produksinya tetapi harga yang ditawarkan tetap sama.

2.       Faktor apa yang membuat produsen melakukan kecurangan terhadap produksi padahal mereka adalah brand yang sudah terkenal, sebut saja misalnya oreo, yang belum lama dikatakan bahwa ternyata bahan materialnya di campur dengan melamin untuk pembuatan creamnya!
Jawab:
Kalau seperti yang dicontohkan dari pertanyaan tersebut, itu hanya hoax alias tidak benar. Yang membuat kabar tersebut mungkin ingin menjatuhkan rating brand tersebut. Tapi jika memang ada brand yang membuat kecurangan padahal brand tersebut sudah terkenal, mungkin salah satu faktornya perusahaan tersebut ingin mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak krn semakin banyak saingan. Sebenarnya untuk alasan apapun, produsen seharusnya tidak membuat hal seperti itu. Itu hanya akan membuat brand tersebut turun pamor bahkan bisa membuat kerugian akibat kecurangan tersebut.

3.       Apakah seorang pengusaha dapat berhasil jika salah satu faktor perilaku produsen tidak terlaksana?
Jawab:
Tentu saja tidak akan bisa, karena faktor-faktor dari perilaku produsen tersebut sudah mencakup semuanya dalam kegiatan produksi. Seperti yang pertama adalah perencanaan, dalam produksi u melakukan perencanaan strategi itu sangat penting contoh dalam pembuatan baju, mereka para produsen harus bisa membuat baju dengan bentuk masa kini mulai dari warnanya , dan macam-macam model baju itu sendiri. Kemudian pengorganisasian, yaitu pengelolaan sumber daya, manusia dan modalnya, jadi sebelum membuat baju harus di perhatikan dari bahan materialnya misalkan kancing benang dan lain sebagainya begitu juga dengan mesin jahit yang dipakai, bagi para konsumen pasti bisa membedakan antara baju yang di jahit dengan mesin biasa maupun baju yang di jahit dengan mesin modern, tidak hanya itu dari para pekerjanya juga harus diperhatikan apakah mereka mampu untuk membuat baju dengan kualitas yang benar-benar bagus, jika tidak, bisa saja dilakukan pelatihan pada karyawannya agar mereka bisa bekerja sesuai dengan procedure perusahaan. Yang ke tiga adalah pengarahan, sama dengan yang baru dijelaskan hanya saja ini lebih spesifik, jadi misalnya ada pabrik baju, para pekerjanya akan dibagikan masing masing tugasnya misalkan ada pembuatan pola, ada yang menjahit bagian badan, kaki atau tangan sehingga jika terjadi kesalahan atau barang yang rijek dapat dipertanggung jawabkan dari pegawai itu sendiri. Terakhir adalah pengendalian, ini adalah proses akhir dari produksi dimana barang barang yang sudah jadi di cek kembali apakah sudah sesuai dengan ketentuannya atu mungkin ada yang sobek dan tidak dapat di pasarkan, sehingga itu semua harus di pisahkan antara yang barang yang baik dan rijek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar