Halaman

Senin, 29 April 2013

Resume Kelompok 1 "Penentuan harga Permintaan dan Penawaran"


Penentuan harga Permintaan dan Penawaran

Dalam ilmu ekonomi ada yang namanya permintaan dan penawaran untuk melakukan penentuan dalam satuan harga dan kuantitas dari barang. Semua hal itu sangat mempengaruhi dalam transaksi perdagangan.

Berikut adalah pertanyaan yang di tanyakan kepada kelompok 1


1)       Jika ada suatu produk baru dari barang elektronik (sebut saja I-phone), ketika launching mengalami kerusakan maka secara otomatis akan menurunnya permintaan dari konsumen. Lalu bagaimana cara menyikapinya?
Jawab:
Jika produk tersebut mengalami kerusakan ketika sudah dipasarkan, sudah pasti konsumen akan berfikir kembali untuk membeli produk tersebut.  Tetapi tidak mungkin pihak I-Phonenya untuk menarik kembali produk yang sudah di launchingkan, karena perusahaan tersebut akan mengalami kerugian. Untuk mengatasi agar para konsumen tidak kecewa, mungkin lebih baik pihak perusahaan memberikan kebijakan pelayanan untuk service secara gratis.

2)     Bagaimana cara meningkatkan daya jual terhadap buah-buahan local ?
Jawab:
Menurut saya, hal pertama yang harus diperhatikan untuk meningkatkan penjualan buah-buahan local dengan cara memperhatikan lahan yang baik dan petani-petani Indonesia agar buah-buahan local bisa lebih banyak diproduksi dibandingkan buah-buahan dari luar negeri.

3)    Seperti contoh yang sudah disebutkan bahwa jika memproduksi susu kaleng harus di perhatikan dari mulai pengepakan sampai pemasaran, dan harus memberikan lebel harga yang murah dari merk susu kaleng lainnya. Singkatnya bagaimana jika produksi barang sudah berhasil dipasarkan tetapi ternyata susu kaleng tersebut jarang diminati sehingga konsumen enggan untuk membelinya, lalu bagaimana cara menanggulanginya agar tidak mengalami kebangkrutan atau kerugian ?
Jawab:
Yang harus diperhatikan salah satunya adalah dari segi kemasan, kemasan dalam produk jg sangat penting dalam pemasaran agar para konsumen tertarik untuk membeli. Selain itu lakukan promosi dan lebih banyak mengiklankan produk mereka agar banyak konsumen yang banyak tau produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar