Halaman

Sabtu, 04 Mei 2013

Basic User Linux


Bulan maret lalu saya mengikuti workshop Gunadarma yang bertema “Basic User Linux”. Nah postingan saya kali ini akan mengulas sedikit mengenai Linux.  Yuk simak... 

Apa itu Linux?



Linux adalah nama sebuah sistem operasi (operating system) untuk PC yang bekerja secara Multitasking dan MultiUser. Linux bekerja secara multi tasking artinya dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, misalnya dapat bermain game dan juga melakukan download dari internet. Linux bekerja secara MultiUser artinya Linux mendukung penggunaan aplikasi atau komputer untuk melayani beberapa user sekaligus, misalnya sebuah program dapat digunakan bersama-sama pada jaringan.
Linux sebenarnya adalah tiruan (clone) dari UNIX yang dirancang untuk dijalankan pada PC. Berbicara tentang UNIX, pada dasarnya sistem operasi ini bersifat portable (tidak tergantung pada perangkat keras tertentu) sehingga dapat digunakan mulai dari platform notebook hingga super komputer. Demikian pula halnya Linux, sistem operasi ini sudah sangat popular dan banyak diminati para professional.

Perbandingan Linux terhadap sistem operasi lainnya
Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding UNIX lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free.
Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar Linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro.
Ada banyak sekali Distro Linux, diantaranya :
-RedHat, distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia. RedHat merupakan ditribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
-Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.
-Slackware, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux.
-SuSE, distribusi yang sangat terkenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapat menggunakan bahasa Indonesia.
-Mandrake, merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk pentium.
-WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (Windows). Jadi untuk menjalankannya bisa diklik dari Windows.

Semoga bermanfaat ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar