Halaman

Sabtu, 07 Juni 2014

Kandungan dan Manfaat Petai

petaiSebagian orang bisa jadi meng-underestimate jenis pangan yang satu ini karena baunya yang cukup menyengat. Namun, tidak sedikit kalangan yang sangat menyukai petai. Setelah ditelusuri, ternyata jenis pangan yang biasa mendampingi sambal goreng hati ini memiliki kandumgan dan manfaat yang tidak sedikit.
Apa saja kandungan dan manfaat petai? Berikut ulasannya:

•Tryptophan
Bagi Anda yang sering terkena depresi, petai bisa menjadi pilihannya. Menurut survey yang dilakukan oleh MIND, pasien penderita diabetes merasa lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Petai mengandung tryptophan (sejenis protein yang diubah menjadi serotonin) sejenis zat yang mampu membuat tubuh relax dan mood lebih baik.


•Zat besi
Makanan yang memiliki kulit hijau terang ini mengandung zat besi yang sangat baik bagi tubuh saat kekurangan darah. Zat besi mampu menstimulai produksi sel darah merah sehingga mencegah dari penyakit anemia.
•Kalium
Saat tubuh dalam keadaan stress, sistem metabolis akan bekerja lebih cepat, sehingga mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Kekurangan kalium akibat stress dapat ditanggulangi dengan makan petai. Kalium merupakan zat yang mampu membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Degupan jantung yang stabil akan mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan stroke.
•Menyehatkan mata
Seperti yang kita tahu, vitamin A mampu menyehatkan organ penting penglihatan. Petai memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sekitar 200IU per 100 mg.
•Serat
Petai mengandung serat yang cukup tinggi tanpa asam yang berlebihan sehingga mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.
Jika Anda kurang menyukai mengkonsumsi petai dalam keadaan belum dimasak atau mentah. Sebaiknya Anda menambahkan petai ke dalam jenis masakan tertentu seperti sambal goreng hati, sambal udang goreng, teri balado, atau tumis-tumisan, dijamin masakan Anda akan lebih enak dan lebih bergizi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar