Pengertian
Desain Grafis
Desain Grafis itu
berasal dari dua kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain berarti proses
atauperbuatan dengan mengatur segala sesuatusebelum bertindak atau merancang.
SedangkanGrafis adalah titik atau garis yang berhubungandengan cetak mencetak.
Jadi dengan demikianDesain grafis ialah kombinasi kompleks
antarakata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasiyang membutuhkan
pemikiran khusus dariseorang individu yang bias menggabungkanelemen-elemen ini,
sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Rancangan
Kode Etik dan Tata Laku Profesi Tata Laku Profesi
Kode Etik agar
mampu menjalankan profesiDesainer Grafis secara profesional :
·
Menjunjung martabat dan nama baik
profesiDesainer Grafis dalam kaitannya denganpekerjaan, (mendapatkan
pekerjaan,) rekanseprofesi, pemberi tugas, pemerintah, profesilain dan
interaksinya dengan masyarakatmaupun lingkungan.
·
Bertindak jujur, setia, tidak
curang dan penuhketulusan hati dalam menjalankan pekerjaanmaupun pengabdian
kepada masyarakat.
·
Mahir dan memahami pekerjaan
sertamenjalankan pekerjaan seoptimal mungkin.Menghormati prinsip pemberian
imbalan yanglayak dan memadai sesuai peraturan yangberlaku. Menularkan
pengetahuan bidangkeahliannya secara wajar kepada yuniornya,rekan profesi, dan
kepada dunia akademis kalau dibutuhkan.
Tata
Laku Profesi
Tata Laku Profesi
sebagai pedoman pelaksanaandari Kode Etik sebagai berikut :
·
Senantiasa berusaha untuk salingmengingatkan
rekan anggota lain terhadaptindakan-tindakan yang bertentangan dengankode
etik profesi.
·
Memberikan gambaran yang benar
terhadapkualifikasi dan pengalaman kerjanya kepadapemberi tugas dan masyarakat.
·
Menyesuaikan imbalan jasa sedemikian
rupa sehingga tidak terjadi pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan perilaku
keprofesian.
·
Mempromosikan jasa-jasa
keprofesiannya dengan cara yang berintikan fakta-fakta,terhormat dan tanpa
pernyataan-pernyataanatau implikasi yang bersifat membesar-besarkan dan atau
memuji diri sendiri yang dapat diasosiasikan sebagai kebohongan.
·
Bertindak demi kepentingan pemberi
tugasmereka dengan kesetiaan dan kejujuran,sebatas kepentingan pekerjaan yang
tidak melanggar hukum.
·
Mengerjakan tugas mengetahui
adanyapertentangan kepentingan antara pemberitugas dengan kepentingan keamanan,
hukum,kesehatan atau kesejahteraan umum.
·
Memberikan saran-saran yang
memadai danbekerja sama sepenuhnya dengan Anggota atauProfesi Ahli lainnya yang
terlibat dalampenugasan ini demi kepentingan PemberiTugas.
·
Mendiskusikan secara bebas dengan
anggota-anggota atau rekan-rekan lain masalah-masalah yang bertalian dengan
praktek keprofesian, pengalaman dan masalah-masalah serupa.
Bagaimana
Seorang Desainer Grafis Bekerja?
Ketika seorang
desainer grafis menerima brief dariklien, idealnya desainer tersebut bekerja
mulaidari menganalisa produk, analisa target audience,merumuskan konsep
komunikasi visual danmembuat sketsa solusi visual. Setelah idenyadisetujui oleh
klien baru dimulai proses visualisasimulai dari pengambilan gambar (foto atauilustrasi),
artistik, layout, komputerisasi, hinggadesain aplikasi ke berbagai media
yangdibutuhkan.
Tugas
Desainer Grafis
·
Menyampaikan sebuah pesan ke
audiens.
·
Menciptakan desain yang memaksakan
ataumenyenangkan, yang akan menyempurnakan pesan. Seperti komunikator yang
lain, desainergrafis bekerja untuk membuat pesan yang jelasdan seperti setiap
seniman yang lain, desainergrafis terkonsentrasi dengan estitika. Tujuan
initercapai bergantung pada bagaimana baikdesainer mengerti media desain dan
masalahdesain yang telah dibuat.
·
Membahas mengenai elemen-elemen
dasar danprinsip-prinsip desain. Elemen-elemen inimeliputi garis, bentuk, volume,
tekstur, warna,dan format.
·
Menjadi pemecah masalah (problem
solver)untuk kebutuhan komunikasi dalam bentukvisual.
·
Menciptakan desain atau perencanaan
fungsional estetis, namun juga yang informatifdan komunikatif dengan masyarakat
yangdilengkapi pula dengan pemahaman mengenai psikologi massa dan teori-teori
pemasaran, sehingga karya-karya desain grafis ini bisamerupakan alat promosi
yang ampuh.
·
Proses pembuatan, metode
merancang, produkyang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplinilmu yang
digunakan (desain).
Sumber: : https://www.academia.edu/7424479/Etika_and_Profesi_Desainer_Grafis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar